1

PENGERTIAN TOPOLOGI JARINGAN beserta FUNGSI, KELEBIHAN dan KEKURANGANNYA

Posted by Unknown on 19.45


1. Topologi Pohon ( Tree Topology ) 


        Pada Topologi Pohon Sebuah Komputer dihubungkan sehingga menghasilkan Sebuah Konfigurasi Berbentuk Pohon . Sebuah Komputer yang Berada di Pucuk Topologi berfungsi Sebagai Server .
  • Keuntungan Penggunaan Topologi Pohon :
·         Pengembangan Jaringan Cenderung Fleksibel 
·         Kerusakan Sistem dapat dengan Mudah di Deteksi
·         Kerusakan Pada Client Tidak Akan Mempengaruhi Sistem Pada Jaringan
  • Kerugian Menggunakan Topologi Pohon : 
·         Biaya Pembuatan Sangat Tinggi Karena Kabel Yang Di Gunakan Cukup Banyak 
·         Terjadinya Pengurangan Sinyal Pada Komputer yang Letaknya Terjauh Dari Server

2Topologi Mesh 

        Topologi Mesh adalah topologi yang tidak memiliki aturan dalam koneksi. Karena tidak teratur maka kegagalan komunikasi menjadi sulit dideteksi, dan ada kemungkinan boros dalam pemakaian media transmisi. setiap perangkat Setiap prrangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).


  • Kelebihan topologi mesh :
·         Dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat tujuan.
·         Data dapat di kirim langsung ke computer tujuan tanpa harus melalui computer lainnya lebih cepat. Satu link di gunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang di tuju.
·         Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
·         Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
·         Mudah dalam proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.
  • Kekurangan topologi mesh :
·         Setiap perangkat harus memiliki I/O port. Butuh banyak kabel sehingga butuh banyak biaya.
·         Instalasi dan konfigurasi lebih sulit karena komputer yang satu dengan yang lain harus terkoneksi secara langsung.
·         Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.


3Pengertian Topologi Hybrid 

        Topologi Hybrid adalah kombinasi dari dua atau lebih topologi berbeda berpadu menjadi satu bentuk baru pada sistem jaringan komputer. Bila topologi berbeda terhubung ke satu sama lainnya dan tidak menampilkan satu karakteristik topologi tertentu maka bentuk desain jaringan ini disebut topologi jaringan hybrid.



  • Kelebihan Topologi Hybrid :
§  Salah satu keuntungan yang menonjol topologi hybrid adalah fleksibilitas. Topologi jaringan hybrid dirancang sedemikiana rupa sehingga dapat diterapkan untuk sejumlah lingkungan jaringan yang berbeda.
§  Hybrid mengkimbinasikan konfigurasi yang berbeda tapi dapat bekerja dengan sempurna untuk jumlah lalu lintas jaringan yang berbeda.
§  Menambahkan koneksi perifer lain cukup mudah, seperti node baru dan/atau periferal dapat terhubung antar topologi berbeda
§  Dibandingkan dengan jenis topologi komputer lainya, topologi ini terpercaya. Memiliki toleransi kesalahan yang lebih baik. ketika sejumlah topologi berbeda terhubung ke satu sama lain
§  Ketika link tertentu dalam jaringan komputer mengalami gangguan, tidak menghambat kerja dari jaringan lainnya.
§  Jenis topologi dapat dikombinasikan dengan jenis-jenis topologi jaringan komputer lain tanpa harus membuat perubahan apapun pada  topologi yang telah ada.
§  Kecepatan topologi konsisten, seperti menggabungkan kekuatan dari masing-masing topologi dan menghilangkan kelemahannya. Oleh sebab itutopologi jaringan hybrid sangat efisien
§  Kelebihan topologi hybrid yang paling penting adalah mengabaikan kelemahan topologi berbeda yang terhubung dan hanya akan dipertimbangkan segi kekuatannya walaupun topologi jaringan hybridkelihatan sangat rumit tapi merupakan solusi  untuk perluasan jaringan tanpa harus merombak topologi jaringan yang teleh terbangun sebelumnya.
  • Kelemahan Topologi hybrid :
§  Karena merupakan penggabungan beberapa bentuk menjadi topologi hybrid, maka pengelolaan topologi  akan menjadi lebih sulit.
§  Dari segi ekonomisnya jaringan hibrid sulit dipertahankan karena membutuhkan biaya yang lebih topologi tinggi dibandingkan dengan topologi jaringan yang murni dalam satu bentuk. Faktor biaya dapat dihubungkan dengan biaya penambahan hub dan Biaya pengkabelan yang meningkat untuk membangun bentuk topologi ini.
§  Instalasi dan konfigurasi dari topologi ini sulit karena ada topologi yang berbeda yang harus dihubungkan satu sama lainnya, pada saat yang sama harus dipastikan bahwa tidak satupun dari node dijaringan gagal berfungsi sehingga membuat instalasi dan konfigurasi topologi hybrid menjadi sangat sulit.


Terlepas dari keuntungan dan kerugian topologi Jaringan Komputer harus diakui bahwa tidak ada kekhawatiran untuk mengubah topologi yang telah ada jika kebutuhan perluasan jaringan diperlukan. Jika dibandingkan kelebihan dan kekurangan dari topologi komputer lain, boleh dikatakan bahwa topologi hybrid adalah yang terbaik.

4. Topologi Linier


 
       Jaringan komputer dengan topologi runtut (linear topology) biasa disebut dengan topologi bus beruntut, tata letak ini termasuk tata letak umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan penyambung yang disebut dengan Penyambung-T dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah penamat (terminator). Penyambung yang digunakan berjenis BNC (British Naval Connector: Penyambung Bahari Britania), sebenarnya BNC adalah nama penyambung bukan nama kabelnya, kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Sepaksi Thinnet). Pemasangan dari topologi bus beruntut ini sangat sederhana dan murah tetapi sebanyaknya hanya dapat terdiri dari 5-7 komputer.

  • Kelebihan Topologi Linier :
·   -    hemat kabel,
·   -    tata letak kabel sederhana,
·   -    mudah dikembangkan,
·   -    tidak butuh kendali pusat, dan
·    penambahan maupun pengurangan penamat dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang  berjalan.
  • Kekurangan Topologi Linier :
·   -      deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil,
·   -      kepadatan lalu lintas tinggi,
·   -      keamanan data kurang terjamin,
·   -      kecepatan akan menurun bila jumlah pemakai bertambah, dan
·         diperlukan pengulang (repeater) untuk jarak jauh.


5. Topologi Broadcast


       Secara sederhana topologi broadcast ini dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan.



6.  Topologi Hierarki



       Topologi ini berbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk (host) yang diswitchungkan dengan simpul atau node lain secara berjenjang, jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengetur kerja jenjang dibawahnya, biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.

  • Kelebihan Topologi Hierarki :
·    -     Data terpusat secara hirarki sehingga manajeman data lebih baik dan mudah
·         terkontrol
-    -     Mudah dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas
  • Kekurangan Topologi Hierarki :
·   -  Komputer di bawahnya tidak dapat dioprasikan apabila kabel pada komputer tingkat atasnya terputus
·    -     Dapat terjadi tabrakan file (collision)




http://www.slideshare.net/miftakhulyamiin/jenis-topologi-jaringan-serta-kekurangan-dan-kelebihanya
http://putriyanixtkj.blogspot.com/2012/07/jenis-topologi-dan-penjelasan-dalam.html

1 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Winda Larasati All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.